Untuk dapat memperoleh keberkahan dan hikmah ramadlan hendaknya kita memperhatikan 16 agenda berikut sebagi upaya untuk lebih baik dalam menjalankan ibadah puasa.
1.Memulai niat dengan ikhlas
2.Selalu shalat lima waktu berjama’ah di masjid/mushalla.
3.Menuntaskan kewajiban zakat, banyak melakukan infak dan shadaqah.
4.Membaca al-Qur’an minimal 1 hari sebanyak 1 juz serta mempelajari isi/kandungannya (tadabbur).
5.Meningkatkan pemahaman agama dengan membaca buku-buku agama dan mendiskusikannya.
6.Meningkatkan disiplin dan muroqobatullah (perasaan bahwa Allah mengawasi kita).
7.Menghidupkan malam dengan shalat tarawih dan qiyamullail.
8.Menjauhkan diri dari sebab-sebabi yang dapat mendekatkan diri pada kemaksiatan, seperti pergaulan, bacaan dan tontotan yang bebas dan fulgar.
9.Memberi makanan berbuka kepada orang-orang yang melakukan puasa, terutama bagi mereka yang kesulitan seperti fakir miskin atau musafir.
10.Berzdikir dalam setiap kesempatan (duduk, berdiri, berbaring).
11.Membuat skala prioritas segala aktifitas yang dapat mendekatkan diri pada Allah.
12.Memperbanyak aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan amal yang bersifat sosial bagi orang-orang yang lemah, fakir miskin, anak yatim, kegiatan dakwah, dsb.
13.Mengokohkan silaturrahi dengan mengangendakan secara khusus kunjungan ke tetangga/relasi, berbagi makanan dengan tetangga atau kegiatan ibadah (berbuka) bersama.
14.Mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka.
15.Berusaha untuk salingmenjaga hati, menjaga pandangan dan bagi wanita berpakaian lebih tertutup minimal selama bulan ramadlan.
16.Beri’tikaf (berdiam diri dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah dan menyempurnakan amal ibadah kita) terutama pada sepuluh hari/malam terakhir.


0 komentar: